Definisi Media Massa
Media
massa adalah media komunikasi dan informasi yang melakukan penyebaran informasi
secara massal dan dapat diakses oleh masyarakat secara massal. Informasi massa
adalah informasi yang diperuntukan kepada masyarakat massa, bukan dikonsumsi
oleh pribadi. Dengan demikian, maka informasi massa adalah milik publik, bukan
ditujukan untuk kepentingan pribadi. Khalayak adalah massa yang menerima
informasi yang disebarkan oleh media massa , mereka terdiri dari publik
pendengar atau pemirsa sebuah media massa.[1]
Media
Massa adalah sarana atau alat untuk menyampaikan
pesan atau informasi yang berhubungan
langsung dengan masyarakat luas seperti radio, televisi, dan surat kabar.[2]
Media massa adalah institusi yang menghubungkan seluruh unsur masyarkat satu
dengan yang lainnya dengan melalui produk media massa yang dihasilkan. Secara spesifik
institusi media massa adalah ,(1) sebagai saluran produksi dan distribusi
konten simbolis. (2). Sebagai institusi publik yang bekerja sesuai aturan yang
ada. (3). Keikutsertaan baik sebagai pengirim atau penerima adalah sukarela.
(4). Menggunakan standar profesional dan birokrasi. (5). Media sebagai
perpaduan antara kebebasan dan kekuasaan.[3]
Media
massa merupakan jenis komunikasi massa. Menurut McQuail komunikasi massa adalah
komunikasi yang berlangsung pada tingkat masyarakat luas. Pada tingkat ini
komunikasi dilakukan dengan menggunakan media massa.[4]
Dalam kamus bahasa Indonesia di jelaskan bahwa media massa adalah Sarana dan
saluran resmi sebagai alat komunikasi untuk menyebarkan berita dan pesan kepada
masyarakat luas.[5]
Sebuah media bisa disebut media
massa jika memiliki karakteristik tertentu. Karakteristik Media massa menurut
Cangara (2006) antara lain:[6]
- Bersifat melembaga, artinya pihak yang mengelola media terdiri dari banyak orang, yakni mulai dari pengumpulan,pengelolaan sampai pada penyajian informasi.
- Bersifat satu arah, artinya komunikasi yang dilakukan kurang memungkinkan terjadinya dialog antara pengirim dan penerima. Kalau pun terjadi reaksi atau umpan balik, biasanya memerlukan waktu dan tertunda.
- Meluas dan serempak, artinya dapat mengatasi rintangan waktu dan jarak, karena ia memiliki kecepatan. Bergerak secara luas dan simultan, dimana informasi yang disampaikan diterima oleh banyak orang dalam waktu yang sama.
- Memakai peralatan teknis atau mekanis, seperti radio, televisi, surat kabar, dan semacamnya.
- Bersifat terbuka, artinya pesannya dapat diterima oleh siapa saja dan dimana saja tanpa mengenal batas usia, jenis kelamin, dan suku bangsa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar