jumlah pengunjung

Jumat, 21 Maret 2014

Definisi Media Massa


        Definisi Media Massa
Media massa adalah media komunikasi dan informasi yang melakukan penyebaran informasi secara massal dan dapat diakses oleh masyarakat secara massal. Informasi massa adalah informasi yang diperuntukan kepada masyarakat massa, bukan dikonsumsi oleh pribadi. Dengan demikian, maka informasi massa adalah milik publik, bukan ditujukan untuk kepentingan pribadi. Khalayak adalah massa yang menerima informasi yang disebarkan oleh media massa , mereka terdiri dari publik pendengar atau pemirsa sebuah media massa.[1]
Media Massa adalah sarana atau alat untuk  menyampaikan pesan atau informasi  yang berhubungan langsung dengan masyarakat luas seperti radio, televisi, dan surat kabar.[2] Media massa adalah institusi yang menghubungkan seluruh unsur masyarkat satu dengan yang lainnya dengan melalui produk media massa yang dihasilkan. Secara spesifik institusi media massa adalah ,(1) sebagai saluran produksi dan distribusi konten simbolis. (2). Sebagai institusi publik yang bekerja sesuai aturan yang ada. (3). Keikutsertaan baik sebagai pengirim atau penerima adalah sukarela. (4). Menggunakan standar profesional dan birokrasi. (5). Media sebagai perpaduan antara kebebasan dan kekuasaan.[3]
Media massa merupakan jenis komunikasi massa. Menurut McQuail komunikasi massa adalah komunikasi yang berlangsung pada tingkat masyarakat luas. Pada tingkat ini komunikasi dilakukan dengan menggunakan media massa.[4] Dalam kamus bahasa Indonesia di jelaskan bahwa media massa adalah Sarana dan saluran resmi sebagai alat komunikasi untuk menyebarkan berita dan pesan kepada masyarakat luas.[5]
Sebuah media bisa disebut media massa jika memiliki karakteristik tertentu. Karakteristik Media massa menurut Cangara (2006) antara lain:[6]
  1. Bersifat melembaga, artinya pihak yang mengelola media terdiri dari banyak orang, yakni mulai dari pengumpulan,pengelolaan sampai pada penyajian informasi.
  2. Bersifat satu arah, artinya komunikasi yang dilakukan kurang memungkinkan terjadinya dialog antara pengirim dan penerima. Kalau pun terjadi reaksi atau umpan balik, biasanya memerlukan waktu dan tertunda.
  3. Meluas dan serempak, artinya dapat mengatasi rintangan waktu dan jarak, karena ia memiliki kecepatan. Bergerak secara luas dan simultan, dimana informasi yang disampaikan diterima oleh banyak orang dalam waktu yang sama.
  4. Memakai peralatan teknis atau mekanis, seperti radio, televisi, surat kabar, dan semacamnya.
  5. Bersifat terbuka, artinya pesannya dapat diterima oleh siapa saja dan dimana saja tanpa mengenal batas usia, jenis kelamin, dan suku bangsa.


[1] Burhan Bungin, op.cit, h. 72
[2] Nuruddin, Op cit, h.5
[3] Ibid, h. 99
[4] Burhan Bungin, op.cit. h.33
[5]  Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2001). h. 726
[6] Romli, "Pengertian Media Massa", diakses 29 November 2013 dari www.komunikasiuinbandung. 

share on facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar