jumlah pengunjung

Senin, 17 Juni 2013

Bukti-bukti Keotentikan Al-Quran




Dr. Mustafa Mahmud, mengutip pendapat Rasyad Khalifah, juga mengemukakan bahwa dalam Al-quran sendiri terdapat bukti-bukti sekaligus jaminan akan keotentikannya.[1]
Huruf-huruf  hija'iyyah yang terdapat pada awal beberapa surah dalam Al-Quran adalah jaminan keutuhan Al-Quran sebagaimana diterima oleh Rasulullah saw. Tidak berlebih atau berkurang satu huruf pun dari kata-kata yang digunakan oleh Al-Quran. Kesemuanya habis terbagi 19, sesuai dengan jumlah huruf-huruf B(i)sm All(a)h Al-R(a)hm(a)n Al-R(a)him. (Huruf a dan i dalam kurung tidak tertulis dalam aksara bahasa Arab).
Huruf ق (Qaf) yang merupakan awal dari surah ke-50, ditemukan terulang sebanyak 57 kali atau 3 × 19.
Huruf-huruf  kaf , ha', ya', 'ayn, shad, dalam surah Maryam, ditemukan sebanyak 798 kali atau 42 × 19.
Huruf ن (nun) yang memulai surah Al-Qalam, ditemukan sebanyak 133 atau 7 × 19, kedua huruf  ي (ya') dan س (sin) pada surah Yasin masing-masing ditemukan sebanyak 285 atau 15 × 19.  Kedua huruf ط  (tha') dan ه (ha') pada surah Thaha masing-masing berulang sebanyak 342 kali, sama dengan 19 × 18.
Huruf-huruf  ح  (ha') dan م (mim) yang terdapat pada keseluruhan surah yang dimulai dengan kedua huruf ini, ha' mim, kesemuanya merupakan perkalian dari 114 × 19, yakni masing-masing berjumlah 2.116.
Bilangan-bilangan ini, yang dapat ditemukan langsung dari celah ayat A-Quran, oleh Rasyad Khalifah, dijadikan sebagai bukti keotentikan Al-Quran. Karena, seandainya ada ayat yang berkurang atau berlebih atau ditukar kata atau kalimatnya dengan kata atau kalimat yang lain, maka tentu perkalian-perkalian tersebut akan menjadi kacau.
Angka 19 di atas, yang merupakan perkalian dari jumlah-jumlah yang disebut itu, diambil dari pernyataan Al-Quran sendiri, yakni yang termuat dalam surah Al-Muddatstsir ayat 30 yang turun dalam konteks ancaman terhadap seorang yang meragukan kebenaran Al-Quran.
Demikianlah sebagian bukti keotentikannya yang terdapat di celah-celah kitab suci tersebut.


[1] Mustafa Mahmud, Min Asrar Al-Quran, Dar Al-Ma'arif, Mesir, 1981, h. 64-65.

share on facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar